Cari Blog Ini

Senin, 26 Maret 2012

Paedagogi Praktis dan Guru Saat Ini

Nama Kelompok:
Putri Mayritza 10-083

Paedagogi Abad ke-21 disebut juga dengan paedagogi praktis. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi memang telah membuat perubahan pada ilmu paedagogi yang dulu dengan sekarang. Sebagai ilmu atau teori dan seni atau praktik mengajar, paedagogi termasuk dalam kategori “pengetahuan paedagogi formal” yang bermakna paedagogi teoritis atau ilmiah dan “pengetahuan paedagogi vernacular” yang merupakan kata lain dari paedagogi praktis. Jika paedagogi ilmiah merupakan upaya mengembangkan prinsip-prinsip dan teori-teori paedagogi yang efektif melalui penelitian yang sistematis, maka paedagogi praktis lebih kepada pengaplikasian teori-teori paedagogi tersebut.

Bagi para guru, kekuatan paedagogi ilmiah adalah membuat pembelajaran semakin praktis dilihat dari konsep teoritis. Teori memang merupakan sesuatu yang paling praktis. Namun, bagaimana cara guru-guru menggunakan dan memanfaatkan teori tersebut adalah paedagogi praktis. 

Beberapa guru juga tidak mempunyai paedagogi teoritis yang kuat, padahal seperti diketahui paedagoi praktis yang baik adalah guru yang mempunyai pedagogi teoritis yang kuat. Misalnya saja, dengan maraknya gaya pembelajaran student-centered, guru seakan tidak lagi bekerja atau mengajar sebagaimana mestinya. Peserta didik seperti "melayani" dirinya sendiri. Beberapa guru bahkan tidak mempersiapkan materi pelajaran untuk peserta didiknya, peserta didik mempersiapkan materi sendiri, membuat soal dan lain - lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar