Cari Blog Ini

Minggu, 18 Maret 2012

Pedagogi Teoritis dan Prinsip Pedagogis

Pedagogi merupakan kata benda yang mengarah kepada ilmu pengaharan, sedangkan kata sifatnya adlaah pedagogis, yang mempunyai makna proses dari pembelajaran itu sendiri. Banyak teori - teori yang bermunculan seiring pedagogis dijadikan fokus dari refkejsu teoritis. Contohnya saja Danilov (1978) yang mendefenisikan pedagogis sebagai proses interaksi terus meneurs dan saling berasimilasi antara pengetahuan ilmiah dan pengembangan siswa. Asimilias disini adalah dalam hal antusiasme mereka dalam belajar. Ada juga pengertian pedagogis menurut Alberto Garcia et al (2005) dimana pedagogis merupakan tindakan guru dan siswa dalam konteks organisasi sekolah, dimana interaksi itu dilakukan berdasarkan teori pedagogis tertentu dan berorientasi pada tujuan institusional dan dikembangkan dalam interaksi yang dekat dengan keluarga dan masyarakat untuk mencapai pembentukan siswa secara sehat. Defenisi ini cukup melambangkan makna dari pedagogis itu sendiri secara utuh.


Untuk mencapai proses pedagogis yang baik dibutuhkan prinsip - prinsip untuk menjalankannya. Prinsip - prinsip pedagogis adalah kesatuan karakter ilmiah dan ideologis dari proses pedagogis (Addine,2001). Prinsip kehidupan dan sekolah harus mempunyai dua aspek yaitu kehidupan dan pekerjaan sebagai kegiatan yang mendidik manusia. Prinsip lainnya adalah mengkombinaksikan karakter kolektif dan individual pendidikan dan penghormatan terhadap kepribadian siswa, maksudnya penghormatan disini adalah menghormati hak - hak yang dimiliki siswa. Prinsip ketiga merukuk pada kesatua pendidikan, perkembangan pross dan pengajaran yang erkait pada kegiatan pembangunan. Dan prinsip erkahir adalah masing - masing subsistem aktivitas, komunikasi dan kepribadian saling terkait satu sama lain. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar