1. Apa yang dapat adinda jelaskan sehubungan dengan Pedagogi Modern? lalu beri ilustrasi bandingan antara proses pembelajaran yang adinda dapatkan saat perkuliah dengan uraian teori tersebut.
Paedagogi modern adalah perkembangan dari paedagogi yang sudah ada semenjak hadirnya peradaban pendidikan. Paedagogi tradisional hanya dibatasi sebagai seni mengajar atau mengasuh, namun bagaimana mendorong yang dididik untuk dapat berkembang dan semakin bereksplorasi dengan kesempatan yang ada. Paedagogi modern menghubungkan dua perspektif, yaitu paedagogi sebagai ilmu pengetahuan dan paedagogi sebagai seni. Ada beberapa defenisi yang sering dikaitkan dengan pedagogi seperti : 1. Pengajaran (teaching) dimana guru mentransformasikan pengetahuan dan informasi, merangsang kreativitas siswa, mengawasi dan memfasilitasi pengembangan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang baik 2. Belajar dimana siswa mengembangkan kemandirian dan inisiatif dalam memperoleh informasi dan pengetahuan 3. Hubungan mengajar dan belajar dengan segala faktor lain yang mendorong mnat paedagogi seperti siswa yang melakukan penelitian sederhana 4. Hubungan mengajar dan belajar berkaitan dengan semua pengaturan dan pada segala tahapan usia. Paedagogi yang efektif adalah yang menggabungkan alternatif strategi pembelajaran yang mendukung keterlibatan intelektual, berhubungan dengan dunia yang lebih luas, lingkungan kelas yang kondusif dan pengakuan atas perbedaan penerapan pada semua pelajaran. Ilustrasi pedagogi modern dengan yang saya dapatkan ketika mengikuti pembelajaran pedagogi di semester ini adalah adanya informasi – informasi website baru yang diberikan dosen pengampu seperti www.Editgrid.comm dan www.e-dukasi.net yang bisa dieksplorasi mahasiswa untuk menambah pengetahuannya. Ketika dosen pengampu mentransformasikan informasi mengenai website ini, pengampu sudah melakukan proses teaching. Ketika mahasiswa membuka dan mencoba menggunakan website tersebut, disitulah terjadi proses belajar yang dapat mendorong minat pedagogi. Jadi walaupun mahasiswa bereksplorasi sendiri, dosen pengampu juga tetap membimbing.
Konsep micro teaching Mulai abad 21, proses pembelajaran dengan konsep micro teaching sudah sangat populer di dunia pendidikan, tetapi kebanyakan para pendidik kurang memahami makna pendidikan. Mereka selama ini hanya sebatas melakukan tugas mereka sebagai pengajar dan melupakan tugas utama mereka sebagai pendidik dan pembimbing. Untuk itulah, perlu diluruskan kembali makna dari proses pendidikan. Oleh karena itu, kami berusaha memahami konsep micro teaching melalui teori guru yang baik, seni dan ilmu mengajar serta paedagogi praktis. Seperti yang diketahui, paedagogi praktis tidak hanya mengetahui apa yang dituliskan di teori tapi dengan mengaplikasikannya dengan melaksanakan micro teaching ini. Bagi pendidik, paedagogi praktis tidak hanya berbicara mengenai seni mengajar melainkan juga mendorong banyak pendidik untuk mendesign ulang pemahaman akan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan kemajuan zaman. Pendidik harus mempertimbangkan pemberdayaan siswa sebagai penyambung generasi masa depan. Dengan adanya pedagogi praktis,maka konsep pedagogi yang abstrak bisa menjelma menjadi pedagogi yang konkrit yang artinya tidak hanya sekedar dipahami tetapi juga bagaimana cara mengaplikasikannya. Bagi peserta didik,mereka menjadi mampu memahami pedagogi yang konkrit ini dengan bimbingan guru yang baik. Adapun ciri-ciri guru yang baik itu antara lain : • Memiliki kesadarna akan tujuan • Memeiliki harapan akan keberhasilan bagi semua siswa • Mentoleransi ambiguitas • Menunjukkan kemampuan beradaptasi dan berubah untuk memenuhi kebutuhan siswa • Merasa kurang nyaman jika kurang mengetahui • Mencerminkan komitmen pada pekerjaan mereka • Bekajar dari berbagai model • Menikmati pekerjaan dan siswa mereka sendiri. Untuk menjadi guru yang baik maka pendidik seharusnya memilik beberapakualitas seperti berikut : • Confidence • Patience • True compassion for their students • Understanding • The ability to look at life in a different way and to explain a topic in a different way • Dedication to excellence • Unwavering support • Willingness to help student achieve • Pride in student’s accomplishments • Passion for life Apabila seorang guru sudah memilik beberapa ciri-ciri di atas,seorang guru tidak dituntut untuk hanya bisa memiliki pengetahuan teoritis yang tinggi. Tetapi seorang guru juga harus memiliki seni dalam ilmu mengajar. Maksudnya pendidik mampu memahamkan teori kepada peserta didiknya dengan cara yang unik dan menyenangkan. Interaksi yang terjadi diantara peserta didik dan pendidik tidak monoton. Maksudnya dalam proses pendidikan tidak hanya berasal dari guru saja tetapi bisa di dapat dari banyak cara. Dalam proses belajar-mengajar seorang guru tidak hanya ‘asik’ sendiri dalam proses pembelajaran. Tetapi mengajak siswanya untuk ikut berpikir. 2. Lokasi Jl. Dr. Mansyur, Gang Sipirok No. 8C 3. Waktu Minggu, 15 April 2012 pukul 15.00 – 18.00 4. Rencana Kegiatan • 15.00 – 15.20 perkenalan • 15.20 – 17.50 micro teaching • 17.50 – 18.00 penutupan 5. Perlengkapan • Handy cam • Kamera • Alat tulis 6. Perincian Biaya • Ongkos : 6000 x 7 = 42.000 • Reward : 5000 x 4 = 20.000 Jumlah = Rp 62.000,00
Menurut pendapat saya, kajian teori yang akan digunakan sama seperti kelompok saya. Selain itu paedagogi praktis juga bisa dijadikan kajian teori tambahan dimana paedagogi praktis tidak hanya mengetahui apa yang dituliskan di teori tapi dengan mengaplikasikannya dengan melaksanakan micro teaching ini. Bagi anak – anak yang dididik, paedagogi praktis juga terjadi, contohnya saja ketika kami selaku pendidik akan memberikan pengajaran mengenai Pendidikan Kewearganegaraan yang nantinya bisa diaplikasikan para murid dengan lingkungan sekitarnya Selain itu, strategi belajar juga penting disini, strategi belajar yang dapat meningkatkan keefektifan guru dalam mengajar, seperti menjelaskan pengetahuan yang dimiliki sesuai dengan konteks yang akan diajarkan. Cara menjelaskannya juga tidak hanya sekedar menjelaskan tapi bagaimana caranya agar murid dapat memahami memproses dan megingat pelajaran yang diberikan.
3. Coba beri contoh, kira-kira pada saat micro teaching kelompok adinda, bagaimana hal ini dapat ditunjukkan; "Adapun ciri-ciri guru yang baik itu antara lain : • Memiliki kesadarna akan tujuan • Memeiliki harapan akan keberhasilan bagi semua siswa • Mentoleransi ambiguitas • Menunjukkan kemampuan beradaptasi dan berubah untuk memenuhi kebutuhan siswa • Merasa kurang nyaman jika kurang mengetahui • Mencerminkan komitmen pada pekerjaan mereka • Bekajar dari berbagai model • Menikmati pekerjaan dan siswa mereka sendiri.
Remedial no. 2 Untuk meningkatkan motivasi para peserta didik, saya menyediakan reward bagi mereka, jadi mereka akan semakin semangat untuk mengikuti pembalajaran. Selain itu kami juga memberikan "kuis dadakan" untuk melihat apakah mereka mampu mengingat apa yang sudah kami berikan. Untuk mencapai ciri - ciri guru yang baik, yaitu guru harus menghargai perbedaan individu dan percaya bahwa semua siswa dapat belajar, maka kami memberikan pelajaran yang tidak terlalu susah untuk anak yang lebih muda, namun tidak terlalu mudah untuk anak yang lebih tua.
Mari segera bergabung bersama kami S128Cash Agen Judi Online Indonesia Terpercaya yang memiliki fasilitas dan pelayanan Terbaik agar Anda semua dapat bermain dengan nyaman bersama kami disini. Semua permainan yang digemari masyarakat Indonesia tersedia disini, seperti : - Sportsbook - Live Casino - Sabung Ayam Online - IDN Poker - Slot Games Online - Tembak Ikan Online - Klik4D
Anda dapat memulai semua permainan yang tersedia hanya dengan minimal deposit Rp 25.000,- saja. PROMO BONUS S128Cash : - BONUS NEW MEMBER 10% - BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 5% - BONUS CASHBACK 10% - BONUS 7x KEMENANGAN BERUNTUN !!
Segera bergabung bersama kami dan raih kemenangan Anda. Info lebih lanjut bisa hubungi kami melalui : - Livechat : Live Chat Judi Online - WhatsApp : 081910053031
UTS Paedagogi
BalasHapus1. Apa yang dapat adinda jelaskan sehubungan dengan Pedagogi Modern? lalu beri ilustrasi bandingan antara proses pembelajaran yang adinda dapatkan saat perkuliah dengan uraian teori tersebut.
HapusPaedagogi modern adalah perkembangan dari paedagogi yang sudah ada semenjak hadirnya peradaban pendidikan. Paedagogi tradisional hanya dibatasi sebagai seni mengajar atau mengasuh, namun bagaimana mendorong yang dididik untuk dapat berkembang dan semakin bereksplorasi dengan kesempatan yang ada. Paedagogi modern menghubungkan dua perspektif, yaitu paedagogi sebagai ilmu pengetahuan dan paedagogi sebagai seni. Ada beberapa defenisi yang sering dikaitkan dengan pedagogi seperti :
BalasHapus1. Pengajaran (teaching) dimana guru mentransformasikan pengetahuan dan informasi, merangsang kreativitas siswa, mengawasi dan memfasilitasi pengembangan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang baik
2. Belajar dimana siswa mengembangkan kemandirian dan inisiatif dalam memperoleh informasi dan pengetahuan
3. Hubungan mengajar dan belajar dengan segala faktor lain yang mendorong mnat paedagogi seperti siswa yang melakukan penelitian sederhana
4. Hubungan mengajar dan belajar berkaitan dengan semua pengaturan dan pada segala tahapan usia.
Paedagogi yang efektif adalah yang menggabungkan alternatif strategi pembelajaran yang mendukung keterlibatan intelektual, berhubungan dengan dunia yang lebih luas, lingkungan kelas yang kondusif dan pengakuan atas perbedaan penerapan pada semua pelajaran.
Ilustrasi pedagogi modern dengan yang saya dapatkan ketika mengikuti pembelajaran pedagogi di semester ini adalah adanya informasi – informasi website baru yang diberikan dosen pengampu seperti www.Editgrid.comm dan www.e-dukasi.net yang bisa dieksplorasi mahasiswa untuk menambah pengetahuannya. Ketika dosen pengampu mentransformasikan informasi mengenai website ini, pengampu sudah melakukan proses teaching. Ketika mahasiswa membuka dan mencoba menggunakan website tersebut, disitulah terjadi proses belajar yang dapat mendorong minat pedagogi. Jadi walaupun mahasiswa bereksplorasi sendiri, dosen pengampu juga tetap membimbing.
Konsep micro teaching
BalasHapusMulai abad 21, proses pembelajaran dengan konsep micro teaching sudah sangat populer di dunia pendidikan, tetapi kebanyakan para pendidik kurang memahami makna pendidikan. Mereka selama ini hanya sebatas melakukan tugas mereka sebagai pengajar dan melupakan tugas utama mereka sebagai pendidik dan pembimbing. Untuk itulah, perlu diluruskan kembali makna dari proses pendidikan. Oleh karena itu, kami berusaha memahami konsep micro teaching melalui teori guru yang baik, seni dan ilmu mengajar serta paedagogi praktis. Seperti yang diketahui, paedagogi praktis tidak hanya mengetahui apa yang dituliskan di teori tapi dengan mengaplikasikannya dengan melaksanakan micro teaching ini. Bagi pendidik, paedagogi praktis tidak hanya berbicara mengenai seni mengajar melainkan juga mendorong banyak pendidik untuk mendesign ulang pemahaman akan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan kemajuan zaman. Pendidik harus mempertimbangkan pemberdayaan siswa sebagai penyambung generasi masa depan. Dengan adanya pedagogi praktis,maka konsep pedagogi yang abstrak bisa menjelma menjadi pedagogi yang konkrit yang artinya tidak hanya sekedar dipahami tetapi juga bagaimana cara mengaplikasikannya. Bagi peserta didik,mereka menjadi mampu memahami pedagogi yang konkrit ini dengan bimbingan guru yang baik. Adapun ciri-ciri guru yang baik itu antara lain :
• Memiliki kesadarna akan tujuan
• Memeiliki harapan akan keberhasilan bagi semua siswa
• Mentoleransi ambiguitas
• Menunjukkan kemampuan beradaptasi dan berubah untuk memenuhi kebutuhan siswa
• Merasa kurang nyaman jika kurang mengetahui
• Mencerminkan komitmen pada pekerjaan mereka
• Bekajar dari berbagai model
• Menikmati pekerjaan dan siswa mereka sendiri.
Untuk menjadi guru yang baik maka pendidik seharusnya memilik beberapakualitas seperti berikut :
• Confidence
• Patience
• True compassion for their students
• Understanding
• The ability to look at life in a different way and to explain a topic in a different way
• Dedication to excellence
• Unwavering support
• Willingness to help student achieve
• Pride in student’s accomplishments
• Passion for life
Apabila seorang guru sudah memilik beberapa ciri-ciri di atas,seorang guru tidak dituntut untuk hanya bisa memiliki pengetahuan teoritis yang tinggi. Tetapi seorang guru juga harus memiliki seni dalam ilmu mengajar. Maksudnya pendidik mampu memahamkan teori kepada peserta didiknya dengan cara yang unik dan menyenangkan. Interaksi yang terjadi diantara peserta didik dan pendidik tidak monoton. Maksudnya dalam proses pendidikan tidak hanya berasal dari guru saja tetapi bisa di dapat dari banyak cara. Dalam proses belajar-mengajar seorang guru tidak hanya ‘asik’ sendiri dalam proses pembelajaran. Tetapi mengajak siswanya untuk ikut berpikir.
2. Lokasi
Jl. Dr. Mansyur, Gang Sipirok No. 8C
3. Waktu
Minggu, 15 April 2012 pukul 15.00 – 18.00
4. Rencana Kegiatan
• 15.00 – 15.20 perkenalan
• 15.20 – 17.50 micro teaching
• 17.50 – 18.00 penutupan
5. Perlengkapan
• Handy cam
• Kamera
• Alat tulis
6. Perincian Biaya
• Ongkos : 6000 x 7 = 42.000
• Reward : 5000 x 4 = 20.000
Jumlah = Rp 62.000,00
Menurut pendapat saya, kajian teori yang akan digunakan sama seperti kelompok saya. Selain itu paedagogi praktis juga bisa dijadikan kajian teori tambahan dimana paedagogi praktis tidak hanya mengetahui apa yang dituliskan di teori tapi dengan mengaplikasikannya dengan melaksanakan micro teaching ini. Bagi anak – anak yang dididik, paedagogi praktis juga terjadi, contohnya saja ketika kami selaku pendidik akan memberikan pengajaran mengenai Pendidikan Kewearganegaraan yang nantinya bisa diaplikasikan para murid dengan lingkungan sekitarnya Selain itu, strategi belajar juga penting disini, strategi belajar yang dapat meningkatkan keefektifan guru dalam mengajar, seperti menjelaskan pengetahuan yang dimiliki sesuai dengan konteks yang akan diajarkan. Cara menjelaskannya juga tidak hanya sekedar menjelaskan tapi bagaimana caranya agar murid dapat memahami memproses dan megingat pelajaran yang diberikan.
3. Coba beri contoh, kira-kira pada saat micro teaching kelompok adinda, bagaimana hal ini dapat ditunjukkan; "Adapun ciri-ciri guru yang baik itu antara lain :
BalasHapus• Memiliki kesadarna akan tujuan
• Memeiliki harapan akan keberhasilan bagi semua siswa
• Mentoleransi ambiguitas
• Menunjukkan kemampuan beradaptasi dan berubah untuk memenuhi kebutuhan siswa
• Merasa kurang nyaman jika kurang mengetahui
• Mencerminkan komitmen pada pekerjaan mereka
• Bekajar dari berbagai model
• Menikmati pekerjaan dan siswa mereka sendiri.
Remedial no. 2
BalasHapusUntuk meningkatkan motivasi para peserta didik, saya menyediakan reward bagi mereka, jadi mereka akan semakin semangat untuk mengikuti pembalajaran. Selain itu kami juga memberikan "kuis dadakan" untuk melihat apakah mereka mampu mengingat apa yang sudah kami berikan. Untuk mencapai ciri - ciri guru yang baik, yaitu guru harus menghargai perbedaan individu dan percaya bahwa semua siswa dapat belajar, maka kami memberikan pelajaran yang tidak terlalu susah untuk anak yang lebih muda, namun tidak terlalu mudah untuk anak yang lebih tua.
Mari segera bergabung bersama kami S128Cash Agen Judi Online Indonesia Terpercaya yang memiliki fasilitas dan pelayanan Terbaik agar Anda semua dapat bermain dengan nyaman bersama kami disini.
BalasHapusSemua permainan yang digemari masyarakat Indonesia tersedia disini, seperti :
- Sportsbook
- Live Casino
- Sabung Ayam Online
- IDN Poker
- Slot Games Online
- Tembak Ikan Online
- Klik4D
Anda dapat memulai semua permainan yang tersedia hanya dengan minimal deposit Rp 25.000,- saja.
PROMO BONUS S128Cash :
- BONUS NEW MEMBER 10%
- BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 5%
- BONUS CASHBACK 10%
- BONUS 7x KEMENANGAN BERUNTUN !!
Segera bergabung bersama kami dan raih kemenangan Anda.
Info lebih lanjut bisa hubungi kami melalui :
- Livechat : Live Chat Judi Online
- WhatsApp : 081910053031
Link Alternatif :
- http://www.s128cash.biz
Judi Bola
Agen Judi Bola Online